Mitsubishi Triton Diakui Raja di Segmennya

MMKSI sangat bangga dengan produk pikap Triton. Sebabnya, penjualan yang dinilai baik. Apalagi khusus segmen pikap kabin ganda dengan penggerak 4×4. Triton diakui sebagai rajanya. Diungkap oleh Naoya Nakamura, President Director MMKSI, Mitsubishi Triton kabin ganda 4×4 adalah raja di segmennya.

“New Triton merupakan pengembangan selama 40 tahun di dunia. Sementara di Indonesia Triton mulai dijual pada 2002, jadi sudah 17 tahun. Produk ini sangat diterima oleh masyarakat Indonesia. Untuk kelas 4×4 dominasinya sudah 65 persen menguasai pasar. Jadi segmen pikap kabin ganda, Triton adalah rajanya,” ucap Nakamura saat jumpa media pada acara test drive New Triton di sirkuit off-road BSD, Tangerang Selatan, Banten (15/8).

Betul, kalau mengacu pada data wholesale yang dirilis Gaikindo. Pikap kabin ganda Triton berhasil terjual 3.394 unit pada semester pertama 2019. Sedang kompetitor utama, Toyota Hilux kabin ganda, mencatatkan 2.214 unit pada periode sama.

Walau begitu, dinilai target Triton terbaru ini tidak muluk-muluk. Pihak MMKSi lebih memilih meningkatkan kualitas produk dan pelayanan. Karena dinilai secara tak langsung bisa meningkatkan market share. “Target kami bukan target pasar. Tapi untuk menyediakan produk dan layanan terbaik, agar kepuasan maksimal konsumen tercapai. Kalau sudah begitu, konsumen bakal mengapresiasi produk dan secara bertahap market share naik,’ tambah Nakamura.

Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division MMKSI, sedikit membeberkan. Target New Triton berada di antara 900 – 1.000 unit per bulan. Angka itu tak berbeda jauh ketimbang model produk pendahulunya yang belum disegarkan. Pasar yang dimainkan oleh Triton dan kawan-kawan tengah turun, memberi pengaruh pada target penjualan. “Target penjualan sebetulnya antara 900 – 1.000 unit per bulan. Sebelumnya juga sekitar segitu. Karena pasarnya juga turun. Jadi dengan target segitu, sebetulnya market share sudah naik. Dari tadinya 60, naik ke 62, 63 dan 65 (persen), tutur Irwan.

Sedang pasar pikap kabin ganda dengan penggerak dua roda (4×2) dianggap sangat kecil. Lantas tak dijadikan target utama. “Triton mendominasi di segmen 4×4, itu betul dan sudah menjadi raja segmen kabin ganda 4×4. Untuk segmen 4×2 sendiri, marketnya sangat kecil. Triton sendiri, 4×4 mendominasi hampir sekitar 95 persen. Cuma 5 persen yang 4×2. Jadi itu belum menjadi target utama kami,” ujar Irwan lagi.

Dari penjelasan Irwan, 90 persen pengguna Triton untuk komersial. Sisa pasar ritel dan pribadi 5 persen dicaplok varian Ultimate, Exceed dan yang sudah memakai transmisi otomatis. Sedang 5 persen lagi, untuk kendaraan dinas atau operasional dengan model varian kabin single 4×2.

Untuk wilayah, Kalimantan masih jadi pengguna terbanyak Triton, disusul Sumatra dan Jakarta. “Empat puluh persen di Kalimantan, 30 persen Sumatra dan 15 persen Jakarta. Tapi Jakarta itu juga sebenarnya karena pembelian fleet yang terpusat. Sedang pengoperasiannya tetap di Kalimantan dan Sumatra,” tutup Irwan. (Tom/Odi)

Sumber : www.oto.com

Author: DigitalStudio.ID
1

Tinggalkan Balasan

YONA DEWI KUSUMA

Sales Executive

No. Handphone :

No. WhatsApp :

Email :

Pengunjung :




Pengunjung :




Miliki segera mobil mitsubishi terbaru dan dapatkan harga & promo menarik hari ini.